Review, Tampilan, dan Fitur Mobil MG ZS

Manisnya segmen SUV terus menarik beratensi produsen otomotif. Hampir semua pabrikan di Indonesia punya andalan di segmen ini. Nah terbaru ada terupdate, MG Motor Indonesia. Kerap cuma hadir sebagai brand terkini, MG juga meluncurkan produk pertamanya; MG ZS. Agen pemegang merek kendaraan beroda empat blasteran Cina dan Inggris akan mencoba peruntungan di Indonesia khususnya di segmen SUV kompak. Sedikit flashback, MG ZS sesungguhnya telah eksis semenjak 2001 lalu. Ketika itu masih dibuat perusahaan lama MG Rover. Melainkan bentuknya bukan SUV namun sedan sport dan cuma bertahan hingga 2005. Seiring peralihan ke tangan Cina, nama MG ZS memyai pudar. Terupdate terlahir lagi pada 2017, tatkala SAIC Motor (pemilik MG) ekspansi pasar ke wilayah Asia dan Asia Tenggara. Jadilah ZS terbaru ini. SUV ini apes khusus mengaplikasikan merek MG. Jadi acap kali ada bodi ZS menerapkan badge berbeda. MG justru erat hubungannya dengan Roewe di Cina, nya masih dalam satu holding. Kekerabatan dekat MG ZS sering lain ialah Roewe RX3. Nah, balik ke MG ZS yang masuk Indonesia. Mereka bermain di segmen yang sebelumnya diisi Honda HR-V dan Suzuki S-Cross. Dibekali tampilan tampan dan fitur-fitur canggih, MG ZS segera melontarkan satu keunggulan merupakan harga. Kalau dibandingkan dengan teladan yang telah ada di segmen ini, harganya memang relative relatif murah, MG ZS Excite dijual Rp 255,8 juta dan MG ZS Ignite dibanderol Rp 289,9 juta. Langkah yang dijalankan MG ini sama persis dengan dua brand asal Cina, DFSK dan Wuling. Akhirnya cukup berhasil. Bicara soal MG ZS, apa saja yang ditawarkan? Berikut pembahasannya:

Tampilan

Kehadiran MG ZS telah tersiar sebelumnya. Sekilas desain ekteriornya mirip Mazda CX-5, terpenting di komponen depan. Mulai dari grillnya hingga lampu depannya mirip. Sebagai penerangan utama MG ZS telah didukung lampu projektor LED komplit dengan DRL (Daytime Running Light), dan foglamp. Supaya menambah kesan gagah, MG Motor memberikan logat pada bumper bawah berwarna hitam dan seakan-akan menyatu dengan over fender, serta bodi molding pada sisi samping. Kecuali itu roof rail pada atap kendaraan beroda empat mencirikan kesan petualang. Yang unik pada desain belakangnya yang seksi. Kecuali lampu pengereman LED, logo MG difungsikan sebagai handle pembuka bagasi. Bicara soal ukuran, MG ZS punya dimensi kompak, segmen yang kini tengah diminati. Kendaraan Beroda Empat ini tercatat punya dimensi 4.314 x 1.809 x 1.624 mm (PxLxT). Cuma sedikit lebih panjang dan tinggi dari HR-V. Jarak terendah ke permukaan tanah bolos terlalu jangkung, 165 mm saja. Pada sektor kaki-kaki, sebagai varian tertinggi dibekali velg 17 inci dibalut ban Yokohama Advan berukuran 215/50.

Kabin

Perbedaan kedua varian menerima dilipat dari lapisan jok. Variasi Excite mengaplikasikan kelir hitam dan Ignite didominasi warna cokelat. Supaya menambah kenyamanan ketika berkendara, terdapat metode hiburan yang cukup mumpuni. Head unit layar sentuh ukuran 8 inci yang dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android, dan GPS. Sebagai mengoperasikan SUV hal yang demikian Anda mangkir perlu lagi memasukkan melakukan kunci, maka didukung smart keyless artinya tinggal menekan tombol start berhenti engine. Supaya kesan mewah kian kental, MG ZS juga mempunyai panoramic sunroof. Kendaraan Beroda Empat gagah kelas menengah itu juga disematkan fitur follow me home light sebagai menerangi langkah Anda sesudah turun dari kendaraan beroda empat kalau garasi rumah terlalu gelap. Kenyamanan penumpang diperhatikan. Meskin konstruksi suspensi yang dipakai jarang istimewa. Kaki depan ditopang ragam MacPherson Strut, sementara belakang Torsion Beam.

Baca Juga  Toyota Sienta Review, Harga dan Spesifikasi Lengkap

Fitur Keamanan

Sejumlah fitur ditanamkan. Lumayan banyak seperti Hill Start Assist sebagai membendung kendaraan beroda empat ketika tanjakan curam, serta pengereman yang didukung teknologi anti slip ABS (Anti-Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Distrbution), EBA (Electronik Brake Assist), SCS (Stability Control System) plus CBC (Curve Brake Control). Metode keamanannya juga acap kali main-main. Walaupun harganya di bawah Rp300 juta, MG ZS telah mempunyai 6 airbag yang terdapat pada sisi depan dan samping. Kecuali itu tersemat cruise control sebagai macam tertinggi. Ditambah juga dengan TCS (Traction Control System), HAS (Hill Start Assist System), ESS (Emergency Berhenti Signal), Follow Me Home Light, Isofix. Lalu Front Seat Belt With Pretensioners and Load Limiters, 3 Point Rear Seat Belts 3 Points, Front Airbags, dan khusus TMPS (Tire Pressure Monitoring system) cuma ada di varian Ignite.

Mesin

MG ZS dipersenjatai mesin 1.498 cc naturally aspirated. Unit berkode 15S4C punya konfigurasi DOHC 4-silinder 16 katup VTi-TECH. Hasil pembakaran cara injeksi multi-point memberi kekuatan maksimum 114 PS. Torsi puncaknya 150 Nm. Distribusi daya via transmisi otomatis 4-speed dengan sistem triptonic. Absen tersedia girboks manual. Artinya dengan spesifikasi hal yang demikian, MG ZS lebih canggih dari Honda HR-V. Soal mesin medium SUV milik Honda hal yang demikian cuma berbekal mesin alami aspirated 1.500cc dengan daya 120 PS di 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.600 rpm. Klaim bahan bakar cukup irit. Tertera dalam brosur, 5,9 liter/100 km, alias 16,9 km/liter. Angka yang wajar sebagai ukuran mesin 1.5L NA.

Baca Juga  Honda CR-V Desain Sporty dengan Peminatnya Sendiri

Harga

Seperti telah disinggung di atas, satu skor menarik dari MG ZS yaitu harga. DIimpor dari Thailand, MG ZS Excite dilego Rp 255,8 juta. Sementara MG ZS Ignite dibaderol Rp 289,8 juta on the road Jakarta. Bandingkan dengan Suzuki S-Cross yang ditawarkan Rp 291 juta untuk jenis manual 5-speed dan SX4 S-Cross AT Rp 304 juta. Kemudian Honda HR-V dijajajakan Rp 297 juta hingga Rp 348,3 juta. Jadi, pendatang ter mempunyai harga jauh lebih kompetitif dengan sisipan fitur jauh lebih komplet. MG memberi garansi selama 5 tahun tanpa mengetahui batasan jarak tempuh. Ada layanan MG Care, meliputi garansi kwalitas produk terhitung dari tanggal pengiriman kendaraan ter terhadap pemilik pertama. Free pula tarif jasa perawatan reguler hingga dengan 50.000 km atau 4 tahun. Tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Mereka juga menjanjikan layanan 24-hour on-road assistance untuk panggilan kendaraan beroda empat derek kalau terjadi kerusakan, menuju sentra layanan MG legal terdekat. Oh iya, MG Motor Indonesia ini dapat disampangi ada 5 dealer. Eurokars Lippo Mall Puri, Eurokars The Breeze Mall BSD, Andalan Samanhudi Pasar Ter Jakarta, Andalan Pondok Cantik, dan Andalan Soekarno-Hatta Bandung. Katanya sih hingga akhir tahun mereka tergetnya akan ada 25 outlet lagi di seluruh Indonesia. Memandang dari desain dan fitur yang dimiliki, MG ZS boleh dibilang kerap istimewa-istimewa melihat. Artinya konsisten ada kekurangan padahal kelebihan juga ada. Daya Kerja mesin searah dengan pesaing lainnya. Keunggulannya merupakan soal harga. Tentu hal ini bukan satu-satunya keunggulan, maka masih ada soal durabilitas, maintenance selama penggunaan, dan layanan aftersales.

About Aldi Jauhar Nur Rohman

Tinggalkan Balasan