Mobil KIA Sonet Smart 7 Seater 2021 Review dan Spesifikasi

KIA SONET SMART 7 SEATER 2021

PT Kreta Indo Artha (KIA) mengerjakan peluncuran secara sah kendaraan beroda empat barunya yang dikerjakan secara daring pada 8/4/2021. Namanya telah mangkir asing di kuping kita, cuma ada perubahan yang membikin masyarakat penasaran. Ya dalam ulasan kali ini ialah spesifikasi KIA Sonet 7 Seater. Dimana kendaraan beroda empat ini memiliki tambahan berupa jok kendaraan beroda empat baris ketiga sehingga menkan mengajak sekeluarga bepergian.

Sebagai varian 5 penumpang dihadirkan pada bulan November 2020. Yang menarik yaitu Indonesia merupakan negara pertama yang didatangi oleh Sonet 7 Seater.

Kendaraan Beroda Empat ini dihadirkan dalam 6 opsi warna dan 5 macam yang menerima dipilih. Sebagai tipenya mencakup Standard 7 MT, Smart 7 MT, Premiere 7 iVT, Dynamic 7 iVT dan Smart 7 iVT.

EKSTERIOR KIA SONET SMART 7 SEATER 2021

Sisi Depan KIA Sonet Smart 7 Seater 2021

 

Tetap menerapkan desain yang sama dengan versi 5 penumpang

Pembahasan dimulai dari komponen depan, Sobat akan dihadapkan dengan desain kap mesin yang menggelembung komponen tengah sehingga sisi kanan dan kiri terlihat cekung. Di komponen ujungnya ada logo pujian KIA. Pada sisi headlamp memakai Multi Reflector LED dipadukan dengan DRL. Sementara sebagai grill mengandalkan desain Tiger Nose memakai warna hitam.

Di komponen bawahnya terdapat fog lamp pada sisi bumper mengandalkan projector dengan framing warna krom. Hal hal yang demikian dipadukan dengan penerapan under guard warna silver.

Sisi Samping KIA Sonet Smart 7 Seater 2021

Tampilan mewah ditunjukkan dengan pemberian logat krom

Menuju ke sisi samping, di komponen atapnya terdapat roof rail. Di sisi ini terdapat logat krom sebagai menonjolkan kemewahan yaitu pada window lane komponen bawah dan handle pintunya. Sementara spion dibuat sewarna body dan ada dialek warna hitam di komponen bawah. Spion yang diberikan pada kendaraan beroda empat Sonet 7 Seater sudah auto folding. Sebagai memperlihatkan aura kegagahan terdapat over fender dengan warna hitam doff yang memutari bodi. Pada komponen kaki-kaki mengandalkan pelek ukuran 16 inci dipadukan dengan profil ban 215/60 R16.

Baca Juga  Review, Tampilan, dan Fitur Mobil MG ZS

Sisi Belakang KIA Sonet Smart 7 Seater 2021

Tidak ada perbedaan dengan versi 5 penumpang sebagai eksteriornya

Berlanjut ke komponen belakang, dimana ada spoiler minimalis dipadukan dengan High Mount Berhenti Lamp dipadukan dengan penerapan antena shark fin dan rear wiper. Sebagai berhenti lamp mengandalkan LED bar dan ada logat warna merah yang menyambung antara komponen kanan dan kiri. Di sisi tengah terdapat logo KIA dan sisi kiri ada emblem artikel warna krom yaitu “SONET”.

Padahal sebagai sisi belakang terdapat under guard silver dipadukan dengan reflektor. Bila dilihat memang membolos ada perbedaan dengan versi 5 seater dari KIA Sonet yang hadir di tahun 2020.

INTERIOR KIA SONET SMART 7 SEATER 2021

Dashboard Dan Kemudi KIA Sonet Smart 7 Seater 2021

Kabin terlihat modern dengan logat yang menarik

Menuju ke komponen dashboard, seperti yang sudah dikenal kalau perbedaan dengan 5 seater ada pada sisi interiornya. Sebagai bahan dashboard menerapkan hard plastik dan pada sisi kanan ada tombol Start/Stop Button berderet dengan tombol Stability Control. Di atasnya ada kisi-kisi AC yang diberikan framing Black Glossy.

Sementara di komponen tengah terdapat head unit OEM terdapat sebagian tombol pada sisi kanan dan kirinya. Head unit ini sudah suport dengan Android Auto dan Apple Carplay. Pada komponen bawahnya terdapat tombol hazard dan knop pengontrolan AC kendaraan beroda empat. Kisi-kisi AC berada di samping kanan kiri pembatasan AC dengan mengaplikasikan framing black glossy. Untuk sisi kiri terdapat airbag depan dan laci penyimpanan tertutup.

Di komponen kemudi kendaraan beroda empat nyaman dikala digenggam dengan palang sebelah kiri terdapat tombol audio steering switch. Sementara pada sisi kanan terdapat tombol sebagai memegang layar MID.

Jok Kendaraan Beroda Empat KIA Sonet Smart 7 Seater 2021

Jok paling belakang lebih pantas sebagai anak-anak

Pada sisi jok kendaraan beroda empat memakai bahan material fabric. Warna mengandalkan abu-abu dan nyaman saat diduduki. Pada headrest menerima diatur ketinggiannya sehingga dapat disesuaikan dengan tinggi  pengemudi dan penumpang. Pengendalian jok kemudi kendaraan beroda empat komplit dengan height adjuster. Pada baris keduanya dan belakang mempunyai ruang akomodasi yang sama yakn cup holder dan daerah penyimpanan.

Baca Juga  Pesaing Baru Raize dan Rocky, Hyundai Casper Resmi Dirilis

Untuk legroom berdasarkan kami terbilang ngepres pada baris kedua sementara head roomnya amat lega. Sedangkan di baris ketiga lebih ditujukan sebagai anak-anak dengan perawakan di bawah 160 cm. Di baris kedua dan ketiga menerima headrest adjustable atau dapat diatur ketinggiannya.

FITUR KIA SONET SMART 7 SEATER 2021

Kenyamanan lebih dirasakan dengan head unit dengan fitur lengkap

Kendaraan Beroda Empat KIA Sonet Smart 7 Seater 2021 dibekali dengan fitur yang terbilang cukup mumpuni. Pada sisi head unit mengandalkan layar sentuh dan sebagian tombol pada sisi kanan dan kirinya. Dimana dengan mengandalkan head unit dapat digunakan sebagai kamera mundur, radio, 8” LCD with Multiple Bluetooth Connection, Voice Recognition, USB and Auxiliary Connection, Android Auto & Wireless Apple Car. Agar kenyamanan konsisten dirasakan selama perjalanan diberikan AC kendaraan beroda empat sedangkan terupdate ada speed fan dan pengendalian temperatur saja. Supaya dapat memberikan kenyamanan sampai belakang, di komponen atas penumpang baris kedua ada rear Air Circulation yang cuma berupa blower fan saja.

Untuk memberikan keselamatan, pihak KIA memberikan 2 Airbag sebagai pengemudi dan penumpang depan. Sementara supaya penumpang konsisten terjaga ditempatnya dibekali dengan seatbelt yang didesain rapi tertutup cover. Mobil ini juga telah dibekali dengan fitur ABS, EBD dan BAS.

OPERASI KIA SONET SMART 7 SEATER 2021

Performa yangg dimiliki mesin cukup efisien dan powerful

Menuju ke sektor daya kerja, dimana kendaraan beroda empat KIA Sonet Smart 7 Seater 2021 telah dibekali mesin 4 silinder dengan ragam Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT. Kapasitas mesin yang dimiliki adalah 1.497 cc dan mengandalkan mesin hal yang demikian dapat menjadikan daya mengoptimalkan sebesar 115 Ps dan torsi puncaknya menempuh 144 Nm. Dihadirkan dalam 2 alternatif transmisi adalah Manual 6 Speed dan Intelligent VT.  Di komponen kap mesin sudah dilaksanakan pengecatan sewarna dengan bodi kendaraan beroda empat. Cuma saja belum ada peredam pada sisi ini sehingga mengurangi kesenyapan di dalam kabin kendaraan beroda empat.

Baca Juga  Jeep Wrangler Baru Indonesia 2.000cc Spesifikasi Lengkap

SPESIFIKASI KIA SONET SMART 7 SEATER 2021

Berikut ini merupakan spesifikasi kendaraan beroda empat KIA Sonet  Smart 7 Seater 2021 :

DIMENSI
Panjang 4.120
Lebar 1.790
Tinggi 1.615
Wheelbase 2.500 mm
Ground Clearance 205 mm
Turning Radius 5.300 mm
HANDLING & SUSPENSI
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Coupled Torsion Beam Axle
Pengaturan Kemudi Tilt
Body Structure Advanced High Strength Steel & Press Hot Stamping
MESIN
Tipe Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT
Kapasitas 1.497 cc
Tenaga Maksimal 115 Ps/6.300 Rpm
Torsi Maksimal 144Nm/4.500 Rpm
Sistem Transmisi Manual 6 Speed dan Intelligent VT

KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SONET SMART 7 SEATER 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil KIA Sonet  Smart 7 Seater 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN
Fitur cukup mumpuni seperti pada hiburannya Dimensi panjang tidak mendapatkan tambahan ukuran
Bisa diisi 7 penumpang Kabin kurang lega terutama pada baris ketiga
Mesin Power ful dan juga efisien Tidak jauh berbeda dengan versi 5 penumpang

DAFTAR HARGA KIA SONET SMART 7 SEATER 2021

Mobil besutan KIA ini dihadirkan dalam varian Standard 7 MT, Smart 7 MT, Premiere 7 iVT, Dynamic 7 iVT dan Smart 7 iVT. Selain itu, dibekali juga dengan 6 pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera pemiliknya. Dari segi harga juga cukup beragam. Berikut ini merupakan daftar harga mobil KIA Sonet  7 Seater 2021:

TIPE HARGA
KIA Sonet Premiere 7 iVT Rp. 296.000.000
KIA Sonet Dynamic 7  iVT Rp. 272.000.000
KIA Sonet Smart 7 iVT Rp. 258.500.000
KIA Sonet Smart 7 MT Rp. 245.500.000
KIA Sonet Standard 7 MT Rp. 199.500.000

KESIMPULAN KIA SONET SMART 7 SEATER 2021

Sebagai mobil Low SUV dari KIA mencoba untuk menghadirkan sebuah gebrakan dengan menghadirkan tipe untuk 7 penumpang. Padahal di tahun 2020 mobil Sonet baru saja hadir dengan kapasitas penumpang. Hanya saja, meskipun digunakan untuk 7 penumpang tapi tidak mendapatkan tambahan panjang pada dimensi yang dimiliki. Nah bagi Sobat yang berniat membeli KIA Sonet  7 Seater 2021 terdapat beberapa pilihan warna dan tipe yang dapat dipilih. Pada bagian baris ketiga dapat digunakan oleh anak-anak, jika tingginya di atas 160 maka kenyamanan berkurang jika duduk di baris ketiga.

About Aldi Jauhar Nur Rohman

Tinggalkan Balasan