Review Hyundai Santa Fe Kelebihan dan Kekurangan

Hyundai Santa Fe merupakan salah satu variasi crossover ukuran sedang yang dibuat oleh pabrikan Korea Selatan, Hyundai, pada tahun 2000 dan berbasiskan Hyundai Sonata. Adapun nama Santa Fe diambil dari nama sebuah kota di kawasan New Mexico. Meskipun ialah crossover ukuran sedang, Hyundai merilis Santa Fe sebagai figur tahun 2001 dan diperkenalkan sebagai SUV pertama mereka, berbarengan dengan peluncuran produk pesaing, Ford Escape dan Pontiac Aztek.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Hadir sebagai SUV, Santa Fe menyasar segmen konsumen yang telah berkeluarga dan mengerjakan muda yang membutuhkan kendaraan tangguh untuk melibas seluruh medan, secara khusus mereka yang man berpetualang di alam bebas. Santa Fe ditawarkan dalam dua model, mesin diesel yang menggunakan penggerak empat roda, dan mesin bensin yang menggunakan penggerak roda depan.

Review Hyundai Santa Fe di Indonesia

Santa Fe yaitu program lanjutan yang diterapkan Hyundai sejak 1990. Sedangkan kerap kali dikritik jurnalis jadi tampilannya yang kurang menarik, namun Santa Fe menjadi SUV terlaris di pasar Amerika Serikat.

Acap Kali hanya itu, Hyundai juga kesulitan memenuhi pasar jadi permintaan yang membludak. Santa Fe alhasil didapuk untuk kendaraan beroda empat terlaris, dan memberikan kontribusi signifikan bagi kesuksesan Hyundai. Sejauh ini, tiga generasi Santa Fe sudah mengaspal di semua dunia.

Berbeda dengan pabrikan Jepang, Hyundai ter memasuki pasar otomotif Indonesia sekitar tahun 1995. Meskipun masih pemain ter, lau dilihat dari skala kwalitas yang dimilikinya, Hyundai ialah pabrikan kendaraan beroda empat terbesar di Korea Selatan dan merupakan pemilik pabrikan kendaraan beroda empat lain. juga berasal dari negeri Ginseng, Kia.

Baca Juga  Toyota Sienta Review, Harga dan Spesifikasi Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Hyundai Santa Fe

Untuk SUV, Hyundai Santa Fe cukup tangguh untuk melumat jalan rusak yang belum diaspal, nya dilengkapi pilihan penggagas empat roda. Sering Kali hanya itu, desain eksteriornya memyai cukup luar mengagumkan dan penuh perhatian.

Performanya juga cukup menarik untuk SUV yang dibekali pilihan mesin 2,2 liter (diesel) dan 2,4 liter (bensin). Kelemahan Santa Fe terletak pada fitur interiornya yang kurang menarik, serta metode keamanannya yang masih kurang menyokong dibandingkan produk bersaing.

Dari segi harga, meski SUV Anda adalah merek Korea Selatan, namun harganya masuk kategori SUV premium dan tergolong tinggi dibandingkan kendaraan beroda empat sekelasnya.

Spesifikasi dan Kekuatan Kerja Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe dibekali dua alternatif mesin, bensin dan diesel. Untuk mesin berbahan bakar bensin, mesin Theta II 2.4 liter MPI, 16 katup, 4 silinder dicangkok dan memakai transmisi otomatis Shiftronic 6 kecepatan dengan penggerak roda depan (FWD). Daya yang mendapatkan disemburkan 176 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimum mencapai 23,1 kg-m pada 3750 rpm.

Sementara itu, ditawarkan dua macam mesin diesel, otomatis 6 percepatan dengan pelopor roda depan (FWD) dan mencetus empat roda (4WD). Sebagai jenis matik (CRDi A / T) mengusung mesin jenis R, 2.2 liter VGT, 16 katup, 4 silinder. Kekuatan yang kemampuan dihasilkan 197 PS pada 3800 rpm dan torsi mengembangkan mencapai 44,5 kg-m pada 1800-2500 rpm.

Baca Juga  Daihatsu Gran Max Pick Up 2007 Review Lengkap dan Harga

Mesin berjenis R CRDi A / T 4WD memiliki kapasitas 2.2 liter, 16 katup, 4 silinder dan transmisi otomatis 6 percepatan. Daya yang dihasilkan 197 PS pada 3800 rpm, dengan torsi maksimum 44,5 kg-m pada 1800-2500 rpm.

Sebagai kendaraan berjenis SUV, Hyundai Santa Fe menawarkan kemewahan dalam tampilan SUV yang sporty. Kenyamanan tetap menjadi prioritas, dengan atap sunroof dan pelapis kulit yang mengesankan. Santa Fe juga dilengkapi kontrol kontrol, dengan tiga figur kontrol dihadirkan, mulai dari mode comfort, normal, dan sport.

Selain itu, pemrakarsa empat roda (4WD) Santa Fe menkan menampung hingga 7 orang. Tetapi konsumsi bahan bakar Santa Fe 4WD sedikit lebih boros dibandingkan dengan yang mengaplikasikan pencetus roda depan (FWD).

Konsumsi bahan bakar untuk Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata berkisar 15,7 liter / 100 km untuk penggunaan dalam kota dan 11,3 liter / 100 km untuk penerapan di luar kota atau di jalan tol.

Fitur Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe memiliki fitur-fitur yang relatif lebih lengkap dibandingkan kompetitornya. Hal hal yang demikian wajar nya Santa Fe memiliki banderol yang cukup tinggi di kelasnya.

Fitur Hiburan dan Kenyamanan

·         Cruise Control

·         Kemudi Tenaga Listrik

·         Filtrasi Ail Interior

·         6 Pembicara

·         Radio satelit

·         Fitur keamanan

·         ABS

·         Kontrol Stabilitas

·         Kontrol traksi

·         Pemantauan Tekanan Ban

·         Kantung udara

·         Desain Hyundai Santa Fe

Desain interior

Memasuki area kabin, desain dengan konsep modern menyelimuti panel-panel kendaraan beroda empat. Material plastik digunakan untuk membalut area dashboard, sedangkan balutan material kulit, dari jok hingga peredam pada kabin. Namun, fitur tambahan untuk hiburan masih kurang dan sepertinya tidak datang menunjang desain modern yang dirancang di Santa Fe.

Baca Juga  Review, Tampilan, dan Fitur Mobil MG ZS

Desain eksterior

Eksterior Hyundai Santa Fe terlihat mewah dan memperhatikan sporty, melainkan terlihat amat ceper untuk kendaraan beroda empat berjenis SUV. Sedangkan semacam itu, Santa Fe memang dikonsep sebagai SUV yang memadukan tampilan sporty dengan kemewahan. Hal ini kelihatan dari desain lekuk bodi dan cat yang sangat mengkilat. Mangkir berhenti sampai disitu, jadi dalam kesunyiannya Santa Fe tampak sebagai SUV yang benar-benar nyaman untuk dikendarai, dengan teladan body kapsul yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kendaraan beroda empat.

Pilihan Warna

Pilihan warna yang tersedia untuk Hyundai Santa Fe cukup bermacam, antara lain Black Diamond, Desert bronze, Geranium red, Lakeside Blue, Phantom Black, Quartz White Pearl, Shale Grey Metallic, Shimmering Air Silver, Symphony Silver, Titanium Grey Metallic, Venetian Red . dan Windy Sea Blue.

Pesaing Hyundai Santa Fe

Pertumbuhan segmen SUV di pasar Indonesia cukup cepat, melainkan bukan berarti Hyundai Santa Fe melancong sendirian di segmen ini. Santa Fe mendapatkan kompetisi ketat dari Honda CR-V, Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero.

Kesimpulan

Bagi Anda yang sedang mencari kendaraan berjenis SUV dengan harga yang relatif murah tapi sudah dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang, Hyundai Santa Fe menkan dijadikan referensi.

Eksteriornya yang menampilkan perpaduan kemewahan dan sportivitas memperlihatkan karakter Santa Fe sebagai kendaraan yang kemampuan melaju di medan berat dan ringan. Dukungan performa dan efisiensi bahan bakar nampaknya menjadi andalan Hyundai untuk produk SUV andalannya.

Jika Anda man laman Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Jalan Masuk Cepat” ya. Jalan Masuk kami lebih nyaman dan mudah!

About Aldi Jauhar Nur Rohman

Tinggalkan Balasan