Fitur-fitur Terbaru Yang Ada Di Android 12!

Para pengguna Smartphone Android pasti tak sabar untuk menunggu update atau pembaruan sistem OS Android mereka ke versi Android terbaru, yaitu Android 12.

Fitur-fitur Terbaru Yang Ada Di Android 12!

Untuk versi final dari Android 12 sendiri biasanya pembaruan akan hadir di bulan Agustus atau September. Jika benar, maka Android 12 akan muncul bersamaan dengan iOS 15.

Sebenarnya Android 12 sudah tersedia dalam versi beta pengembang, versi ini untuk pengembang dengan sistem operasi yang mungkin masih ada permasalahan yang dibawa oleh OS. Namun jika anda masih ingin mencoba versi beta dari Android 12, maka disarankan menginstall Android 12 pada Smartphone penguji, bukan pada Smartphone utama.

Meski masih dalam versi beta, namun ini bertujuan untuk memberikan gambaran sejumlah fitur untuk perilisan di masa depan yang tentunya akan menghadirkan OS untuk Smartphone yang lebih canggih.

Baca Juga  Spesifikasi Gahar! Realme X7 Max 5G Diluncurkan, Berapa Harganya?

Nah, sambil menunggu update versi final dari Android 12, mari kita simak dahulu fitur-fitur dan kecanggihan dari Android 12..

Personalisasi

Di Android 12, anda bisa sepenuhnya mempersonalisasi palet warna dan juga mendesain sendiri widget tempilan Smartphone anda.

Dengan fitur color extraction, anda bisa memilih wallpaper, maka sistem secara otomatis akan menentukan warna yang lebih dominan dari wallpaper anda. Warna akan diterapkan juga pada seluruh tampilan Smartphone, yakni di bayangan notifikasi, lock screen, kontrol volume, widget dll.

Tampilan Animasi Yang Lebih Hidup

Android 12 melakukan sebuah pembaruan pada tampilan animasi. Dengan pembaruan ini, Android 12 akan terlihat lebih hidup pada setiap sentuhan, gerakan dan scrolling layar.

Baca Juga  MIUI 12.5 Meluncur, Simak Fitur Terbaru Dari MIUI 12.5 Berikut!

Ada juga penyederhanaan terhadap interaksi anda dengan Smartphone agar lebih lancar dan efisien. Smartphone akan tampil lebih cepat dan responsif dengan efisiensi daya sehingga tahan baterai lebih lama.

Pada layanan sistem ini, terdapat pengurangan hingga mencapai 22%, dengan ini akan mengurangi waktu pada penggunaan CPU, pengurangan juga terdapat pada penggunaan inti besar oleh server sistem hingga 15%. Nantinya, keefisiensi-an Smartphone anda lebih meningkat.

Desain Ulang Ruang Sistem

Google juga melakukan pendesainan ulang pada pengaturan cepat, bayangan notifikasi dan tombol daya.

Tiga hal ini mendapat perombakan oleh Google, pada bayangan notifikasi akan terlihat lebih instuitif dan menyenangkan dengan tampilan aplikasi sekilas pada kolom notifikasi yang sedang anda dengarkan atau anda tonton.

Baca Juga  Samsung Galaxy A31: Dari Update Harga Terbaru, Hingga Spesifikasi Lengkap!

Pada ‘Quick Settings‘, pengguna bisa mengontrol secara praktis seluruh sistem operasi dengan swipe atau hanya satu ketukan saja, sangat mudah dan efisien! Quick Settings juga disematkan dengan Google Pay dan Home Controls, dan kemungkinan kustomisasi oleh anda sendiri, jadi pengguna Smartphone nantinya dapat mengelompokkan apa yang diinginkan dalam satu tempat.

Dashboard Privasi Baru

Dengan update pada privasi baru, anda dapat melihat satu pengaturan izin baru, data apa saja yang sedang anda akses, seberapa sering dan juga keterangan aplikasi. Maka, pengguna Smartphone bisa mencabut izin aplikasi dari dashboard.

Terdapat juga pembaruan tambahan indikator baru dalam status bar. Nantinya andabisa mengetahui ketika aplikasi akan mengakses mikrofon atau kamera.

About Fiki Nur Evendy

“Warisan cita-cita, takdir waktu, dan impian manusia adalah hal yang tidak akan pernah berakhir. Selama manusia terus mencari arti kebebasannya, hal ini tidak akan pernah bisa dicegah!.” – Gol D. Roger