Cara Menganalisa Keyword Menggunakan Google Trends

Semakin berkembangnya konten digital, semakin cepatnya informasi yang dibutuhkan. Sebagai penyedia informasi, kita harus selalu up-to-date tentang apa yang sedang viral setiap waktu.

Sebagai penyedia informasi, anda harus tahu keyword apa yang sedang paling dicari oleh seluruh pengguna internet. Baik dari pemain website, dan juga platform-platform penyedia informasi lainnya.

Maka, ada baiknya untuk melakukan sebuah riset keyword dahulu. Sebelum anda membuat postingan konten, hal ini baik untuk membuat halaman website anda tampil di halaman teratas search engine.

Riset keyword dilakukan untuk mempelajari jenis kata apa yang di minati audiens serta internal klik, dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat situs Anda.

Dan salah satu cara mengomptimalkan situs anda di search engine lewat riset keyword adalah dengan menggunakan Google Trends. Untuk itu, kali ini kami akan memberikan tutorial cara menggunakan Google Trends untuk mengoptimalkan situs anda.

Apa Itu Google Trends?

Google Trends merupakan sebuah tool yang memberikan data hasil penelusuran Google. Dimana data ini dapat anda gunakan untuk membandingkan frekuensi penelusuran dengan keyword yang relevan di berbagai wilayah serta bahasa yang berbeda.

Dengan data yang disajikan secara real time, serta data dari minat pengguna dalam berbagai topik atau bidang. Dengan ini, anda bisa menggunakan Google Trends untuk perkiraan teknologi hingga pengoptimalan SEO.

Cara Menggunakan Google Trends

Pahami Volume Pencarian Keyword di Search Engine

Volume pencarian keyword merupakan data dari berapa kali keyword tertentu dicari dalam jangka waktu yang ditentukan (biasanya dalam waktu satu bulan).

Data volume pencarian sangat penting untuk mengetahui target dari konten yang akan anda tulis. Anda bisa melihat grafik peningkatan dan juga penurunan dalam jangka waktu tertentu dari keyword yang anda cari.

Baca Juga  SEO Off Page: Membangun Popularitas Lewat Media Sosial

Terdapat juga grafik minat dari berbagai regional wilayah dari suatu topik keyword tertentu. Anda bisa mendapatkan data keyword dengan memasukkan keyword ke Keyword Overview.

Dengan begitu, anda akan melihat tingkat volume pencarian yang tepat untuk menargetkan keyword tertentu.

Mengidentifikasi Waktu Trends Keyword

Anda bisa bisa melakukan perencanaan jauh-jauh hari dari sebuah keyword yang kemungkinan trending, kemudian mengikuti update popularitas keyword dari keyword tersebut.

Karena itu, menganalisa sebuah keyword yang trending musiman melalui Google Trends sangat membantu anda. Agar dapat mengetahui kapan waktunya membuat konten yang akan banyak dicari dalam jangka waktu tertentu.

Hindari keyword yang Populer Sementara Waktu

Jika anda menargetkan sebuah keyword yang volume pencariannya bisa bertahan lama di search engine. Anda harus menganalisa ketahanan keyword tersebut, apakah hanya trend yang bertahan sehari atau bisa bertahan lama.

Jadi, jika anda menginginkan konten anda bisa bertahan lama di search engine. Ada baiknya anda menghindari konten yang popularitasnya diminati oleh orang-orang selama periode waktu terbatas.

Baca Juga  Daftar Website Penyedia Gambar Thumbnail Bebas Hak Cipta

Gunakan Trend Predictions

Dengan Google Trend, anda akan dibantu oleh Google dengan data perkiraan dan trend untuk keyword yang ada dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan begini, anda bisa memperkirakan kapan peningkatan keyword tertentu dalam volume pencarian beberapa bulan bahkan sampai satu tahun ke depan. Anda bisa menggunakan peluang peningkatan keyword tersebut dan menargetkannya.

Menggunakan Related Queries

Dalam Google Trends, terdapat juga related queries dimana anda bisa melihat jenis istilah keyword penelusuran apa yang digunakan oleh orang-orang. Informasi ini penting, yang memungkinkan anda menganalisis penelusuran populer terhadap total penelusuran untuk konten yang anda buat.

Mengoptimalkan Strategi Local SEO

Dengan Google Trends, anda bisa memfilter lokasi atau sebuah wilayah tertentu. Dengan begitu, anda dapat menggunakannya guna menemukan tren dari sebuah wilayah untuk mengoptimalkan strategi SEO konten anda.

About Fiki Nur Evendy

“Warisan cita-cita, takdir waktu, dan impian manusia adalah hal yang tidak akan pernah berakhir. Selama manusia terus mencari arti kebebasannya, hal ini tidak akan pernah bisa dicegah!.” – Gol D. Roger