Web CPNS Resmi 2021, Info CPNS, Formasi CPNS 2021 Lengkap di PDF

Lebih dari 1 juta lowongan CPNS 2021 dan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 akan segera dibuka. Untuk alumni SMA sederajat, pada tahun ini setidaknya ada 8 Formasi yang menkan Anda pilih.

BKN dan Kemenpan RB hingga terkini optimis mendapatkan melakukan CPNS 2021 pada April – Mei 2021. Untuk rincian data formasi serta instansi mana yang akan dibuka untuk seleksi CPNS 2021 belum diumumkan. Pengumuman data formasi CPNS 2021 diharapkan menkan terlaksana pada akhir Maret.

“Perihal jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019,” kata Kepala Biro Tata Tertib, Komunikasi, dan Kabar Publik Kemenpan RB Andi Rahadian, seperti dikutip dari Alat Penunjuk Arah.com.

Jadwal Dan Link Pendaftaran Online CPNS 2021 sscasn.bkn.go.id Berikut Formasi CPNS 2021

Lowongan CPNS 2021 Tingkat SMA

Hampir – tahunnya pasti selalu tersedia formasi jabatan untuk jebolan setingkat SMA. Berkaca pada seleksi-seleksi di tahun sebelumnya, yaitu pada CPNS 2017, CPNS 2018, dan CPNS 2019, memperkenalkan tercatat ada seperti itu banyak instansi yang membuka formasi untuk alumni SMA.

Dengan demikian, pada tahun 2021 juga kemungkinan besar ada formasi untuk alumnus SMA. Beberapa instansi yang pasti buka formasi lulusan SMA ialah Kejaksaan Agung, Kemenkumhan, Kementerian LHK, BNN, Kementerian Pertanian, Kemendikbud, memberi tahu Badan Intelijen Negara atau BIN.

Dirangkum dari pelbagai sumber, berikut merupakan daftar formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK di – instansi, serta besaran gajinya.

Baca Juga: Jadwal Dan Link Pendaftaran CPNS 2021

Baca Juga  Cara Investasi Tanpa KTP, NPWP dan Buku Tabungan

1. Kemenkumham

Dilansir dari Tribun Jogja, Kemenkumham membukan formasi CPNS terbesar untuk jebolan SMA/SMK/MA. Pada tahun 2019, Kemenkumham membuka 3.532 formasi khusus bagi alumni SMA sederajat atau alumnus SMA/SMK/MA.

Melansir Wartakotalive.com, dari mutlak jumlah formasi hal yang demikian, sebanyak 2.875 untuk penjaga tahanan/sipir, sedangkan sebanyak 657 untuk pemeriksa keimigrasian.

Pada tahun 2017 dan 2018, Kemenkumham juga membuka formasi serupa. Pada tahun 2021, instansi ini menkan saja membuka kans lagi untuk tamatan SMA/SMK.

2. Kejaksaan Agung

Baca Juga : Formasi Lengkap CPNS 2021 Kejaksaan Agung, Untuk S1, D3 dan SMA

Pada CPNS 2019 Kejaksaan Agung membuka 2.000 lowongan formasi untuk alumni SMA sederajat. Ada 2 jabatan dalam formasi hal yang demikian yakni pengawal tahanan atau pengawal narapidana dan pengemudi kapten.

Sebanyak 1.000 untuk pengawal tahanan, meski 1.000 lainnya untuk pengemudi tahanan. Pada tahun 2017 dan 2018, Kejaksaan Agung juga selalu membuka formasi ini. Sehingga kemungkinan dibuka pada CPNS 2021 mempunyai memandang besar.

3. Kementrian LHK

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga selalu memberikan jatah formasi untuk alumni SMK. Setidaknya ada 80 formasi yang dibuka KLHK bagi tamatan SMK.

Formasi jabatan yang disediakan merupakan pelaksana pemula polisi kehutanan. Polisi kehutanan ini akan ditempatkan diberbagai Balai Taman Nasional. Kabar se formasi Polisi Kehutanan selalu dibuka KLHK tiap tahun, termasuk pada CPNS 2017 maupun 2018.

4. Kementan

Pada tahun 2019 terdapat 45 formasi untuk tamatan SMA di Kementerian Pertanian (Kementan).

Formasinya antara lain Paramedik karantina hewan, pemula paramedik veteriner, pemula pengawas benih, dan Pemula pengawas kualitas pakan, pemelihara kebun, dan pemula pengendali organisme pengganggu tumbuhan.

Baca Juga  Cara Membeli Saham untuk Investor Pemula Pilih yang Risikonya Kecil

5. Kemendikbud

Baca Juga: Penghasilan PNS, Inilah Rincian Gaji dan Tunjangannya

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga serta serta membuka seleksi CPNS 2019 untuk jalur SMA/SMK. Terdapat sebanyak 11 formasi yang terbagi atas 3 jabatan.

Yakni, pengadministrasian keuangan sebanyak 3 formasi, teknisi mengeui sebanyak 2 formasi, dan teknisi pemetaan dan penggambaran sebanyak 6 formasi.

6. Badan Intelijen Negara

Total terdapat 200 formasi jebolan SMA di Badan Intelijen Negara (BIN) pada CPNS 2019.

Antara lain adalah posisi pranata komputer pelaksana pemula.

7. BNN

Badan Narkotika Nasional (BNN) juga pernah membuka formasi untuk lulusan SMA pada CPNS 2018. Formasi itu yaitu pawang anjing pelacak.

Mudah-mudahan formasi pawang anjing pelacak ini kembali dibuka BNN pada CPNS 2021, jadi pada CPNS 2019, formasi ini absen dibuka oleh BNN.

8. BASARNAS

Sementara di Basarnas ialah formasi rescuer pemula sebagai lulusan SMA/SMK.

Hanya saja syaratnya wajib memiliki sertikat renang/selam/pelatihan SAR.

9. Persiapkan Diri Anda

Jadwal Registrasi CPNS

Dikutip dari Alat Penunjuk Arah.com dalam pemberitaannya pada 26 Januari 2021, Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko mempersembahkan, terdaftar CPNS Formasi 2021 ditargetkan akan menerima terlaksana pada April-Mei 2021.

“Kira-kira seperti itu (April dimulai terdaftar seleksi CPNS). Tergantung dari selesainya pertimbangan teknis Kemenkeu dan BKN,” ujarnya dikutip dari Alat Penunjuk Arah.com.

Berdasarkan draf metode kerja usulan formasi ASN dan te rekrutmen CPNS 2021 yang diterima, awalnya perpanjangan masukan formasi tahun 2021 rencananya Maret 2021, diperpanjang hingga akhir Mei 2021.

“Untuk formasi tahun 2021 dan instansi mana saja yang membuka kans, kami masih mengolah data yang masuk. Paling kencang akan diumumkan pada akhir Maret,” sambung Teguh.

Baca Juga  Dividen vs Capital Gain: Apa bedanya? Dan 8 Hal Yang Harus Diketahui

Kemudian, usul formasi diperpanjang lagi hingga akhir Agustus 2021.

“Diperkirakan cara kerja terdaftar sudah menkan dimulai bulan April sampai dengan Mei 2021,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo pada 28 Desember 2020.

Syarat Mendaftar CPNS

Meski pembukaan CPNS 2021 belum berlangsung, datang ada salahnya untuk mempersiapkan secara khusus dahulu persyaratan yang dibutuhkan.

Melansir dari Tribun Jogja, berikut adalah kebijakan te CPNS untuk lulusan SMA/SMK/MA:

  1. Berkelakuan baik
  2. Bebas narkoba Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI
  4. Berusia minimal 18 tahun dan mengoptimalkan 35 tahun
  5. Tidak pernah dipidana (dengan pidana penjara) maka mengerjakan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap
  6. Tidak pernah diberhentikan dengan absen hormat atas permintaan sendiri maupun diberhentikan secara tidak datang hormat sebagai PNS, prajurit TNI, menasehati kepolisian RI, atau diberhentikan dengan hadir hormat sebagai karyawan swasta
  7. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), PNS, Prajurit TNI atau i nasehat Kepolisian RI
  8. Bukan siswa ikatan dinas pemerintah
  9. Memiliki poin dalam ijazah atau NEM, SKHU dan lain-lain yang setara dengan ijazah atau Surat Per Tamat Belajar (STTB) dengan rata-rata minimal 7.00 (tujuh koma nol nol)
  10. Tidak menjadi i nasihat atau pengurus partai politik maupun terlibat kesibukan politik praktis
  11. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang disyaratkan
  12. Dinyatakan sehat jasmani dan rohani pantas dengan ketentuan jabatan yang dilamar
  13. Bersedia ditempatkan di segala wilayah NKRI maupun wilayah negara lain.

About Cisca