Cara Menginstall WordPress Versi Sebelumnya

Kamu mungkin pernah berada dalam situasi di mana setelah memperbarui WordPress ke versi terbaru, muncul berbagai masalah yang mengganggu fungsi situs web kamu. Tidak perlu khawatir, karena kamu tidak sendiri. Banyak pengguna WordPress mengalami hal yang sama, dan solusinya adalah dengan melakukan downgrade WordPress ke versi sebelumnya.

Jika kamu mungkin ingin men-downgrade versi WordPress ke versi sebelumnya, tenang saja. Karena kali ini admin akan memberikan tutorial tentang cara downgrade WordPress, mengapa kamu mungkin perlu melakukannya, dan langkah-langkah yang perlu diikuti untuk memastikan prosesnya berjalan lancar.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah platform manajemen konten (CMS) yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Awalnya, WordPress dibuat sebagai alat untuk blogging, namun seiring berjalannya waktu, platform ini berkembang menjadi salah satu CMS paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan situs web dari berbagai jenis dan ukuran.

WordPress memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola situs web dengan mudah tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam. Dengan antarmuka yang user-friendly dan ekosistem yang kaya akan plugin dan tema, WordPress menjadi pilihan favorit bagi blogger, bisnis kecil, hingga perusahaan besar.

Mengapa Men-downgrade Versi WordPress?

1. Alasan Keamanan

Kadang-kadang, versi terbaru WordPress mungkin mengandung bug atau kerentanan yang belum ditemukan dan diperbaiki. Dalam beberapa kasus, men-downgrade ke versi sebelumnya yang lebih stabil bisa menjadi langkah sementara yang bijak sambil menunggu update keamanan berikutnya.

2. Kompatibilitas Plugin dan Tema

Salah satu alasan umum mengapa pengguna memilih untuk men-downgrade WordPress adalah masalah kompatibilitas. Plugin dan tema yang digunakan mungkin tidak selalu segera kompatibel dengan versi terbaru WordPress, menyebabkan fungsi tertentu pada situs web menjadi tidak berjalan dengan baik.

3. Masalah Kinerja

Tidak jarang versi baru WordPress membawa fitur-fitur yang memperberat kinerja situs, terutama jika server hosting kamu memiliki spesifikasi yang terbatas. Dengan kembali ke versi sebelumnya, kamu bisa mendapatkan kinerja yang lebih optimal.

4. Alasan Pribadi

Setiap pengguna memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Beberapa mungkin merasa lebih nyaman dan terbiasa dengan versi tertentu dari WordPress, dan memutuskan untuk men-downgrade karena alasan ini.

Persiapan Sebelum Downgrade

1. Backup Data

Sebelum melakukan downgrade, sangat penting untuk melakukan backup penuh terhadap situs web kamu. Ini termasuk file situs dan basis data. Kamu bisa menggunakan plugin seperti UpdraftPlus atau WPvivid untuk melakukan backup dengan mudah.

2. Memeriksa Kompatibilitas

Pastikan versi WordPress yang ingin kamu downgrade kompatibel dengan plugin dan tema yang kamu gunakan. Cek dokumentasi dari pengembang plugin dan tema untuk memastikan tidak ada masalah yang akan timbul.

3. Menyiapkan Alat yang Diperlukan

Kamu akan memerlukan akses ke file manager di cPanel atau melalui FTP, serta alat untuk mengedit file teks jika diperlukan. Pastikan kamu memiliki semua alat ini siap sebelum memulai proses downgrade.

Cara Downgrade Versi WordPress

Metode Manual

1. Unduh Versi Lama WordPress

Langkah pertama dalam metode manual adalah mengunduh versi WordPress yang ingin kamu gunakan dari arsip WordPress. Pilih versi yang sesuai dan unduh file ZIP-nya.

2. Nonaktifkan Plugin

Sebelum mengganti file WordPress, nonaktifkan semua plugin untuk mencegah konflik. Kamu bisa melakukannya dari dasbor WordPress di bagian Plugins > Installed Plugins.

3. Upload File WordPress Lama

Setelah plugin dinonaktifkan, upload file WordPress yang sudah kamu unduh ke direktori root situs web kamu menggunakan file manager atau FTP. Pastikan untuk menimpa file yang ada saat ini.

4. Jalankan Pembaruan Basis Data

Setelah file selesai diupload, buka kembali situs web kamu. WordPress mungkin akan meminta kamu untuk memperbarui basis data. Klik tombol Update WordPress Database untuk menyelesaikan proses ini.

Metode Menggunakan Plugin

1. Install Plugin WP Downgrade

Salah satu plugin yang bisa membantu kamu melakukan downgrade WordPress dengan mudah adalah WP Downgrade. Instal dan aktifkan plugin ini dari repositori plugin WordPress.

2. Pengaturan Plugin

Setelah diaktifkan, pergi ke Settings > WP Downgrade. Masukkan versi WordPress yang ingin kamu gunakan dan simpan pengaturan.

3. Menjalankan Proses Downgrade

Klik tombol Install Now untuk memulai proses downgrade. Plugin ini akan mengunduh dan menginstal versi WordPress yang kamu inginkan secara otomatis.

Mengatasi Masalah Setelah Downgrade

1. Memeriksa Situs untuk Error

Setelah downgrade selesai, periksa situs web kamu untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Cek setiap halaman dan fungsi untuk memastikan tidak ada error.

2. Mengaktifkan Kembali Plugin

Jika semuanya berfungsi dengan baik, kamu bisa mulai mengaktifkan kembali plugin satu per satu. Pastikan tidak ada konflik atau masalah kompatibilitas yang muncul.

3. Mengatasi Konflik

Jika kamu menemukan masalah, cobalah untuk mengidentifikasi plugin atau tema yang menyebabkan konflik. Kamu mungkin perlu mencari versi yang kompatibel atau mencari alternatif yang lebih baik.

Tips Menghindari jika Mungkin ada Masalah

1. Update Teratur

Selalu pastikan untuk mengupdate WordPress, plugin, dan tema secara teratur. Ini akan membantu menjaga keamanan dan kinerja situs kamu.

2. Backup Berkala

Lakukan backup berkala terhadap situs web kamu. Ini akan memastikan kamu memiliki cadangan jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

3. Pengujian Versi Baru di Staging Site

Sebelum memperbarui WordPress di situs live, cobalah untuk mengujinya terlebih dahulu di staging site. Ini akan membantu kamu mengidentifikasi masalah sebelum mempengaruhi situs utama.

Penutup

Downgrade WordPress ke versi sebelumnya bisa menjadi solusi yang efektif jika kamu mengalami masalah setelah memperbarui ke versi terbaru. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa memastikan proses downgrade berjalan dengan lancar dan situs web kamu kembali berfungsi seperti biasa.