Cara Mudah Merekam Video Di Rapat Zoom

Rapat dimusim pandemi seperti ini kebanyakan diadakan secara online, demi menjaga jarak dan kesehatan masing-masing peserta rapat, atau juga karena memang jarak yang tidak bisa mempertemukan secara langsung.

Dan kemajuan teknologi memudahkan kita untuk melakukan rapat atau meeting secara online, contohnya rapat menggunakan Zoom.

Dan jika anda mengadakan rapat di Zoom, mungkin anda ingin merekamnya sebagai arsip video yang penting untuk merevisi ulang segala hasil rapat anda.

Untuk itu, kami akan membagikan tutorial cara melakukan perekaman di Zoom, silahkan anda simak pada penjelasan dibawah ini..

Cara Merekam Video di Zoom Meeting

Sebenarnya setting default dari Zoom hanya mengizinkan penyelenggara video call untuk merekam rapat dalam Zoom. Untuk itu anda harus meminta izin dari penyelenggara (Co Host) untuk melakukan perekaman.

Jika anda menjadi Co Host, buka Zoom dan siapkan rapat dengan memilih tombol ‘New Meeting‘ di beranda Zoom dan kemudian mengundang peserta untuk bergabung ke dalam rapat.

Jika rapat sudah siap dan peserta hadir, anda dapat mulai merekam rapat dengan memilih tombol ‘Record‘ di bagian bawah jendela atau anda bisa menggunakan tombol shortcut Alt + R.

Maka perekaman akan dimulai. Anda dapat menjeda perekaman dengan memilih tombol ‘Pause‘ (shortcut Alt + P) juga mengakhiri perekaman dengan memilih tombol ‘Stop(shortcut Alt + R).

Memberikan Izin Merekam Untuk Peserta

Jika ada dari peserta rapat yang meminta izin untuk melakukan perekaman, dan anda sebagai Co host, maka cara memberikan izin peserta untuk melakukan perekaman adalah sebagai berikut..

Baca Juga  Ucapkan Selamat Tinggal Pada TV Analog! Begini Cara Menangkap Siaran Digital

Silahkan anda pilih opsi ‘Manage Participants‘ di menu bagian bawah.

Dan anda akan mendapati daftar peserta muncul di panel kanan. Lalu arahkan kursor ke nama peserta yang ingin anda beri izin merekam, dan tombol ‘More‘ akan muncul. Klik tombol ‘More‘.

Akan muncul menu drop-down lalu pilih ‘Allow Record‘.

Maka sekarang peserta yang meminta izin untuk melakukan perekaman dapat merekam rapat yang berlangsung..

Cara Untuk Melihat Rapat Yang Sudah Direkam

Jika anda sudah merekam rapat lalu anda ingin menonton hasilnya, buka aplikasi Zoom dan pilih tab ‘Meetings‘.

Pada panel kiri, pilih opsi ‘Recorded‘, sekarang anda bisa melihat daftar rapat yang sudah direkam. Pilih rapat yang ingin anda lihat dari daftar ini.

Di panel kanan, anda sekarang memiliki opsi untuk memutar rekaman (dengan atau tanpa video), menghapusnya, atau membuka lokasi file di file manager anda.

About Fiki Nur Evendy

“Warisan cita-cita, takdir waktu, dan impian manusia adalah hal yang tidak akan pernah berakhir. Selama manusia terus mencari arti kebebasannya, hal ini tidak akan pernah bisa dicegah!.” – Gol D. Roger