Cara Flash Vivo Y91 via QFIL (Flash dan Firmware Vivo Y91 PD1818F)

Halo! Selamat datang di artikel ini yang akan memberikan tutorial tentang cara melakukan flashing Vivo Y91 (PD1818F) melalui metode QFIL Update. Kami memahami betapa pentingnya memiliki panduan yang jelas dan terperinci saat Anda ingin melakukan pembaruan perangkat lunak pada perangkat Android Anda.

Oleh karena itu, kami telah menyusun panduan ini untuk membantu Anda dalam proses flash Vivo Y91 (PD1818F) Anda dengan mudah dan aman. Mari kita mulai!

Review Vivo Y91

Vivo Y91 adalah ponsel pintar yang menawarkan kombinasi yang baik antara harga terjangkau dan fitur-fitur yang menarik. Dengan desain yang elegan dan performa yang memadai, Vivo Y91 cocok untuk pengguna yang mencari ponsel yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus menguras kantong.

Salah satu keunggulan Vivo Y91 adalah layarnya yang luas. Ponsel ini dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,22 inci dengan resolusi HD+, memberikan tampilan yang jernih dan tajam. Anda dapat menikmati pengalaman menonton video dan menjelajahi konten multimedia dengan kenyamanan yang lebih besar.

Performa Vivo Y91 juga cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Ditenagai oleh prosesor Mediatek Helio P22 octa-core, ponsel ini mampu menjalankan aplikasi dengan lancar. Dukungan RAM 3GB memungkinkan multitasking yang lebih baik, sehingga Anda dapat beralih antara aplikasi tanpa mengalami lag atau gangguan.

Dalam hal fotografi, Vivo Y91 dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13MP + 2MP. Kamera ini mampu menghasilkan foto-foto dengan detail yang cukup baik dalam berbagai kondisi pencahayaan. Mode pemotretan seperti HDR dan mode malam memungkinkan Anda mengambil foto yang lebih baik di lingkungan dengan pencahayaan yang terbatas.

Mengapa Memerlukan Flashing Vivo Y91?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memahami mengapa Anda mungkin perlu melakukan flashing pada Vivo Y91 (PD1818F) Anda. Flashing adalah proses menginstal ulang perangkat lunak sistem operasi pada perangkat Android. Beberapa alasan umum mengapa seseorang mungkin perlu melakukan flashing adalah sebagai berikut:

  • Pembaruan Sistem: Flashing memungkinkan Anda untuk menginstal pembaruan sistem terbaru yang dirilis oleh Vivo. Ini memberikan Anda akses ke fitur baru, perbaikan bug, dan peningkatan keamanan.
  • Memulihkan Perangkat yang Bermasalah: Jika Vivo Y91 Anda mengalami masalah seperti bootloop (perangkat tidak bisa booting dengan baik), kegagalan sistem, atau sering terjebak pada logo Vivo, flashing dapat membantu memperbaiki masalah ini dan mengembalikan perangkat Anda ke kondisi normal.
  • Menghapus Data atau Mengatasi Masalah Aplikasi: Dalam beberapa kasus, flashing dapat membantu menghapus semua data pengguna pada perangkat dan mengatasi masalah yang terkait dengan aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik.

Persiapan Sebelum Flashing

Sebelum kita mulai melakukan flashing Vivo Y91 (PD1818F) Anda, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati untuk memastikan keberhasilan proses flashing:

  • Cadangkan Data Penting
    Proses flashing akan menghapus semua data pada perangkat Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencadangkan semua data penting sebelum memulai. Pastikan Anda telah memindahkan semua foto, video, pesan, dan file lainnya yang berharga ke perangkat penyimpanan eksternal atau cloud.
  • Baterai yang Terisi Penuh
    Pastikan Vivo Y91 Anda memiliki baterai yang terisi penuh sebelum memulai proses flashing. Ini akan memastikan bahwa perangkat tidak mati selama proses, yang dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.
  • Download dan Install Alat Flashing
    QDLoader HS-USB Driver download
    Qfil QPST-2-7-430.msi download

Pastikan Anda mendapatkan versi firmware yang benar dan alat flashing yang sesuai dengan perangkat Anda untuk menghindari masalah kompatibilitas.

Langkah-langkah Flashing Vivo Y91 via QFIL Update

Setelah Anda menyelesaikan persiapan di atas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan flashing Vivo Y91 (PD1818F) Anda melalui metode QFIL Update:

  1. Buka QFIL (Qualcomm Flash Image Loader) yang sudah terinstall, pada bagian “select build type” rubah menjadi¬†“flat build”
  2. Klik pada tombol Browse di sebelah kanan kolom “Select Programmer” dan arahkan ke “prog_emmc_firehose_8937_ddr.mbn” didalam folder Anda mengekstrak firmware Vivo Y91, klik Open
  3. Lalu di bagian “download” klik Load XML dan arahkan ke “rawprogram_unsparse.xml” dan “patch0.xml”, klik Open
  4. Matikan Vivo Y91 (PD1818F) Anda dan masuk ke mode download. Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol Volume Up dan Volume Down bersamaan sambil menghubungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB (pastikan terdeteksi “Qualcomm HS-USB QDLoader 9008” pada device manager)
  5. Setelah perangkat terdeteksi oleh QFIL, klik pada tombol Download untuk memulai proses flashing. Tunggu sampai proses selesai. Jangan mencabut perangkat dari komputer selama proses ini berlangsung.
  6. Setelah proses flashing selesai, Anda akan melihat pesan “Download Succeeded” di QFIL. Anda dapat mencabut perangkat dari komputer dan hidupkan Vivo Y91 (PD1818F) Anda. Perangkat sekarang telah berhasil di-flash dan siap digunakan

Download Firmware Vivo Y91 (PD1818F)

File NamePD1818F_EX_A_1.8.25_LA.UM.6.6.2.rar
Size3.1 GB
Link DownloadDownload pass: evilicacelldotcom
File NameVivo_Y91_PD1818F_EX_A_1.8.25_LA.UM.6.6.2.R1-04200-89XX.0_QFIL.zip
Size4.1 GB
Link DownloadDownload

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan tutorial lengkap tentang cara melakukan flashing Vivo Y91 (PD1818F) melalui metode QFIL Update. Kami telah menjelaskan persiapan yang perlu dilakukan sebelum flashing, langkah-langkah yang harus diikuti selama proses, serta memberikan informasi tambahan tentang Vivo Y91 dan akses untuk mengunduh firmware resminya.

Jika Anda mengikuti panduan ini dengan hati-hati, Anda dapat berhasil melakukan flashing pada Vivo Y91 Anda dan memperbarui perangkat lunaknya. Penting untuk diingat bahwa flashing perangkat Android melibatkan risiko, jadi pastikan Anda memahami sepenuhnya prosesnya sebelum melakukannya. Jika Anda tidak yakin, disarankan untuk mencari bantuan dari profesional atau melakukan riset lebih lanjut sebelum melanjutkan.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses dalam memperbarui Vivo Y91 (PD1818F) Anda!