Apa itu Long Tail Keyword? Berikut Pengertian dan Manfaatnya

Dalam dunia digital marketing, memahami dan memanfaatkan kata kunci adalah salah satu kunci sukses. Namun, banyak orang yang hanya fokus pada kata kunci pendek atau short tail keyword.

Padahal, ada jenis kata kunci lain yang bisa memberikan manfaat besar yaitu long tail keyword. Nah kebetulan kali ini admin akan membahas pengertian dan manfaat long tail keyword, serta bagaimana penerapannya bisa meningkatkan strategi SEO kamu.

Pengertian Long Tail Keyword

Long tail keyword adalah frase kata kunci yang lebih panjang dan spesifik. Biasanya terdiri dari tiga kata atau lebih dan memiliki volume pencarian yang lebih rendah dibandingkan short tail keyword.

Namun, long tail keyword lebih terfokus pada pencarian tertentu, sehingga dapat menarik pengunjung yang lebih relevan.

Perbedaan Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword

Short tail keyword biasanya terdiri dari satu atau dua kata yang sangat umum dan memiliki volume pencarian tinggi. Contohnya adalah “sepatu” atau “laptop”. Sedangkan long tail keyword lebih spesifik, seperti “sepatu lari pria ukuran 42” atau “laptop gaming murah 2024”.

Meskipun volume pencariannya lebih rendah, long tail keyword cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi.

Manfaat Long Tail Keyword

1. Memberikan Peringkat untuk Short Tail Keyword

Long tail keyword membantu dalam peringkat short tail keyword secara tidak langsung. Ketika konten kamu dioptimalkan dengan long tail keyword, kamu juga secara alami akan menargetkan variasi short tail keyword yang relevan. Ini membantu meningkatkan keseluruhan otoritas dan relevansi halaman kamu di mata mesin pencari.

Misalnya, jika kamu mengoptimalkan artikel untuk long tail keyword “tips memilih sepatu lari untuk pemula”, kamu juga dapat mendapatkan peringkat untuk kata kunci “sepatu lari” karena relevansi dan kedekatan topiknya.

2. Mengoptimalkan Strategi Blog

Menggunakan long tail keyword dalam konten blog dapat membantu meningkatkan visibilitas dan relevansi artikel kamu. Ini juga memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens yang lebih spesifik dan mencari informasi yang sangat spesifik.

Blog yang secara konsisten menggunakan long tail keyword dalam konten mereka seringkali melihat peningkatan lalu lintas organik. Misalnya, sebuah blog kuliner yang menggunakan long tail keyword seperti “resep kue coklat tanpa oven” dapat menarik pembaca yang benar-benar membutuhkan resep tersebut.

3. Membantu Meningkatkan Konversi

Long tail keyword memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi karena lebih spesifik dan sesuai dengan niat pengguna. Pengguna yang mencari dengan long tail keyword biasanya sudah berada di tahap akhir dari perjalanan pembelian mereka.

Sebagai contoh, sebuah toko online yang menjual produk kesehatan mungkin menemukan bahwa pengguna yang mencari “beli vitamin C organik secara online” lebih mungkin untuk melakukan pembelian dibandingkan pengguna yang hanya mencari “vitamin C”.

4. Mempersiapkan Diri untuk Tren Masa Depan

Tren pencarian terus berkembang, dan pengguna semakin cenderung menggunakan pencarian yang lebih panjang dan spesifik. Oleh karena itu, mengoptimalkan konten dengan long tail keyword akan membantu kamu tetap relevan di masa depan.

Prediksi tren menunjukkan bahwa pencarian suara (voice search) akan semakin populer. Pengguna cenderung menggunakan kalimat lengkap saat melakukan pencarian suara, seperti “di mana tempat makan sushi terbaik di Jakarta?”, yang merupakan long tail keyword.

5. Mengurangi Persaingan

Long tail keyword biasanya memiliki persaingan yang lebih rendah dibandingkan short tail keyword. Ini berarti lebih mudah untuk mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil pencarian (SERP).

Strategi yang efektif adalah mencari long tail keyword yang memiliki volume pencarian yang layak namun persaingan yang rendah. Alat seperti Google Keyword Planner atau Ahrefs dapat membantu dalam menemukan kata kunci tersebut.

6. Meningkatkan Relevansi Konten

Long tail keyword membantu meningkatkan relevansi konten karena lebih spesifik dan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna. Ini juga membantu mesin pencari memahami konteks dan isi dari konten kamu.

Penerapan teknik seperti LSI (Latent Semantic Indexing) dan menyisipkan long tail keyword secara alami dalam konten dapat meningkatkan relevansi dan kualitas artikel kamu.

7. Menarik Pengunjung yang Tepat

Dengan menggunakan long tail keyword, kamu dapat menargetkan audiens yang lebih spesifik dan mencari informasi yang sangat relevan dengan produk atau layanan kamu.

Pengunjung yang datang melalui pencarian long tail keyword cenderung lebih terlibat dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk berinteraksi dengan konten kamu, seperti meninggalkan komentar atau berbagi di media sosial.

Penutup

Mengoptimalkan konten dengan long tail keyword adalah strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas, relevansi, dan konversi. Meskipun memerlukan penelitian yang lebih mendalam dan pemahaman tentang audiens, manfaat jangka panjangnya sangat berharga.

Dengan memanfaatkan long tail keyword, kamu tidak hanya dapat bersaing dalam dunia digital yang semakin kompetitif, tetapi juga mempersiapkan diri untuk tren masa depan.