5 Pilihan Investasi Jangka Panjang Paling Menguntungkan Untuk Hari Tua Anda

Memiliki penghasilan uang tanpa harus anda masih bekerja di hari tua nanti adalah impian setiap orang. Bagaimana tidak? Di masa mendatang, anda bisa santai tanpa harus repot bingung tentang pekerjaan namun tetap memiliki sumber penghasilan.

Itu semua bisa anda wujudkan dengan cara merencanakan investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang adalah pilihan terbaik yang dapat anda siapkan dari usia muda untuk bekal di masa yang akan datang.

Tapi, investasi jangka panjang juga memerlukan kematangan dari perencanaan dan pilihan yang bijak dari anda sendiri hingga anda bisa mendapatkan hasil dari investasi jangka panjang anda.

Anda bisa mendapatkan kestabilan finansial dari hasil investasi jangka panjang anda, tentunya anda harus memahami tujuan serta jenis dari investasi jangka panjang terlebih dahulu. Untuk itu, kami akan memberikan pembahasan detail dari investasi jangka panjang mulai dari tujuan serta jenis investasi jangka panjang paling menguntungkan dimasa mendatang.

5 Pilihan Investasi Jangka Panjang Paling Menguntungkan

Pengertian dari Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang merupakan penanaman aset dalam jangka waktu lebih dari satu tahun dengan tujuan untuk menguasai perusahaan lain. Dengan kata lain, investasi jangka panjang adalah investasi yang dijalankan terus menerus dan bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu.

Anda akan melakukan penanaman modal dari sebuah perusahaan dengan tujuan mendapat penghasilan tetap. Namun, investasi jangka panjang biasanya membutuhkan waktu yang agak lama, bisa sampai satu tahun atau lebih untuk mencapai keuntungan tertinggi.

Tentu saja untuk mencapai hasil dari investasi jangka panjang anda harus bersabar.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

  1. Mendapatkan penghasilan pasif jangka panjang yang dapat diterima dari dividen, bunga sewa dan sebagainya.
  2. Memiliki dana khusus untuk masa mendatang.
  3. Memperoleh hasil dari pertumbuhan investasi yang anda tanam.

Pilihan Investasi Jangka Panjang yang Bisa Anda Coba

Jika anda sudah memahami pengertian dan juga tujuan dari investasi jangka panjang, sekarang anda harus mempertimbangkan jenis investasi apa yang paling tepat dan sesuai dengan anda.

Baca Juga  Crypto vs Saham: Apa Bedanya? Dan 5+ Hal Wajib Diketahui

Berikut beberapa pilihan investasi jangka panjang yang paling menguntungkan dan bisa anda coba..

1. Reksa Dana

Pilihan investasi jangka panjang kedua adalah Reksa dana, reksa dana merupakan salah satu pilihan jika anda baru saja memulai investasi jangka panjang. Dalam berinvestasi reksa dana, tidak begitu membutuhkan keahlian untuk menghitung resiko, dan juga tidak harus mengeluarkan dana yang besar.

Karena reksa dana dapat dimulai dari perhitungan dana yang kecil. Reksa dana nantinya dikelola oleh manajer investasi profesional, sehingga anda bisa menghemat waktu anda dan juga berinvestasi dengan tenang.

2. Saham

Investasi jangka panjang yang bisa anda pertimbangkan adalah Saham. Anda harus mempelajari analisis fundamental dan teknikal untuk menilai potensi dari saham perusahaan yang anda pilih. Karena saham bisa menjadi pilihan berinvestasi dengan potensi keuntungan dan juga kerugian yang cukup besar.

Keuntungan yang anda dapat dari investasi saham berasal dari kenaikan harga saham yang telah dibeli dan disimpan dalam jangka waktu tertentu, serta pembagian keuntungan yang akan dibagikan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

3. Investasi Emas

Emas menjadi pilihan banyak orang karena beresiko rendah. Kenapa dibilang beresiko rendah?

Baca Juga  Bingung Pilih Wallet Bitcoin? Berikut Daftar Wallet Bitcoin Yang Terpercaya

Karena nilai jual emas yang stabil menjadi alasan mengapa emas masih konsisten menjadi pilihan banyak orang untuk investasi jangka panjang mereka. Bentuk dari investasi emas juga semakin beragam, dari emas fisik sampai tabungan emas.

4. Properti

Investasi didalam property menjadi hal yang sangat menjanjikan hasilnya. Memang berinvestasi dalam properti membutuhkan dana yang cukup besar, tapi ini sepadan dengan keuntungan besar yang akan didapat bertahun-tahun setelahnya.

Investasi properti sekarang lebih menguntungkan lagi, karena harga tanah maupun bangunan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Faktor kenaikan ini dipengaruhi oleh lahan yang semakin padat penduduk.

Mungkin harga yang harus anda tebus sekarang mahal, tapi dimasa mendatang anda akan mendapatkan keuntungan lebih dari harga tanah yang semakin naik pula.

5. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang bisa dibeli, obligasi juga berisikan tanggal jatuh tempo pembayaran beserta utang dan bunganya. Obligasi sendiri dijamin oleh undang-undang serta bunga yang cukup besar.

Obligasi dijadikan sebagai salah satu pilihan investasi jangka panjang untuk mempersiapkan dana dimasa mendatang.

About Fiki Nur Evendy

“Warisan cita-cita, takdir waktu, dan impian manusia adalah hal yang tidak akan pernah berakhir. Selama manusia terus mencari arti kebebasannya, hal ini tidak akan pernah bisa dicegah!.” – Gol D. Roger